November 16, 2006

CROWD HELLO;FEST VOL.1


Ini suasana festival Hello;Fest Vol.1. Diadakan 1 malam saja pada tanggal 21 Oktober 2004. Modalnya proyektor kelas, speaker standard dan jiwa nekat. Lokasi cukup aneh, yaitu di kantor PDI-P (tetangga sebelah), waktu itu kita mikirnya mumpung kurang budget, lokasi deket dengan kantor, dan kebetulan ada ruangan besar yang kosong lengkap dengan AC! (Bukan berarti kita pro dengan PDI-P ya hehe)

Sebetulnya acara ini sekalian untuk graduation murid - murid dari Hello;Motion School, namun pemikiran kita berubah, kenapa acara ini tidak sekalian dijadikan ajang unjuk kebolehan para seniman digital seluruh Indonesia? Awalnya kita pesimis..paling yang datang kurang dari 100 orang..eh ternyata dari jam 6 sore sudah antri bejibun...(naik ke lantai 3 pula..capek bener sih penontonnya hehe)

Supaya penonton betah duduk hingga di penghujung acara, para panitia dengan sigap memberikan 1 botol Coca - Cola makanan Pop Corn secara gratis! Sehari sebelumnya kita bikin popcorn satu kantong plastik ukuran XXXL dengan sistem sangat manual. (Biji jagung diolesin mentega lalu masukin di microwave - walhasil mesin langsung berminyak).

Walaupun ruangan pengap karena kapasitas ruangan hanya untuk 200an orang (tapi yang datang hampir 500 orangan), namun suasana diskusi antar kreator dan penonton tetap aktip!!

Kami sengaja membuat sistem pemilihan yang sedikit berbeda dengan festival film lainnya, kami mencoba menggunakan sistem voting dimana penonton memilih film favoritnya dengan cara mencoblos kayak sistem pemilu. Foto ini memperlihatkan para panitia sedang menghitung jumlah voting dan sebagian menyeleksi kertas mana yang sah dan tidak sah.

Setiap festival, biasanya ada penghargaannya. Namun karena Hello;Fest masih bayi jadi hadiahnya kecil2xan dulu hehe.. Sebuah plakat dan bingkisan imut dari Hello;Motion untuk para 4 pemenang dengan pilihan terbanyak dari penonton. (Btw plakatnya juga salah bikin, posisi grafir bisa terbalik ke bawah...karena bikinnya cepet2x..pokoknya aneh bin ajaib)

Untuk para penonton dan partisipan Hello;Fest Volume 1..terimakasih..dan mohon maaf jika banyak kekurangan... MERDEKA!

No comments: